KEINDAHAN BIOTA LAUT PULAU SANGALAKI

Bagi Anda pecinta wisata dasar laut, jangan lewatkan berkunjung ke Pulau Sangalaki. Karena biota laut yang dikandungnya sangat mewakili berbagai ragam jenis karang yang ada di dunia. Tempat ini merupakan tempat terindah ke tiga setelah Raja Ampat di Papua dan Laut Bunaken Manado.

Pulau dengan luas 15,9 hektare ini terletak di kawasan Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau yang  memiliki morfologi dataran pantai yang datar ini tidak berpenghuni, hanya ada bangunan untuk penangkaran spesies penyu hijau. Pulau Sangalaki memiliki pantai putih dan airnya jernih serta tenang.

Pulau ini memiliki pesona pada perairannya yang terdapat taman laut. Tempat itu terkenal sebagai wisata selam (diving). Di sana terdapat beraneka ragam biota laut, yang terkenal adalah ikan pari mata. Pada saat terang bulan, iklan itu biasanya berkelompok hingga 20 ekor. Mereka menuju ke pulau itu untuk mencari makan berupa macam-macam jenis plankton yang banyak terdapat di perairan ini.

Untuk mencapai lokasi itu, salah satu rute yang dapat ditempuh adalah Kota Balikpapan. Dari Balikpapan dapat langsung menuju Kota Tanjung Redep dengan menggunakan pesawat udara. Kota Tanjung Redep merupakan ibu kota Kabupaten Berau. Frekwensi penerbangan ke kota itu belum ramai.

Bisa juga lewat darat, tentunya biayanya bisa lebih murah. Dari Balikpapan menuju Kota Samarinda dan dilanjutkan menuju Kabupaten Berau. Anda harus melewati hutan dan ladang.

Setelah sampai di kota Tanjung Redep dilanjutkan ke Tanjung Batu, sebuah kampung di Kecamatan Kepulauan Derawan. Untuk menuju Tanju Batu, Anda harus menyewa speed boat.

Ada pula melalui Kota Tarakan. Di kota ini sudah ada agen perjalanan yang akan memfasilitasi tur ke pulau itu. Dari Kota Tarakan menuju Pulau Derawan dibutuhkan waktu sekitar 3 jam melalui perjalanan laut. Perjalanan yang melelahkan terbayarkan setelah Anda mencapai lokasi.
 

Popular Posts

counter