KEINDAHAN MATAHARI TERBIT DI PUNCAK MAHAMERU

Anda ingin merasakan hembusan asap putih yang memesona, maka Anda harus pergi ke Puncak Mahameru, Gunung Semeru, Jawa Timur. Gunung Semeru berada di dalam kawasan konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( (TNBTS) yang secara administratif pemerintahan berada di empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Lumajang, Pasuruan, dan Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru yang berketinggian 3.678 meter di atas permukaan laut, merupakan gunung api tertinggi di Pulau Jawa. Para pendaki gunung biasanya selalu terpesona dengan keindahan alam Gunung Semeru. Apalagi setiap 15 menit sekali Puncak Mahameru yang berkawah Jonggring Seloka mengeluarkan material vulkanis berupa letusan abu. Letusan periodik itu merupakan peristiwa alam yang sangat menarik dan langka.

Ada dua jalur utama untuk menuju puncak Gunung Semeru, yaitu jalur Tumpang - Malang dan Jalur Sendoro - Lumajang. Disarankan agar tidak mendaki Gunung Semeru pada Desember hingga Februari karena pada bulan tersebut terdapat angin sangat kencang dan badai.

Bila anda ingin mencapai puncak, terlebih dahulu harus melewati beberapa rute pendakian, misalnya Ranu Pane menuju Watu Rejeng yang memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan pendakian. Dari Watu Rejeng, pendakian dilanjutkan menuju Ranu Kumbolo lalu Kalimati dengan melewati Tanjakan Cinta. Kalimati nerupakan tempat bekas aliran lava letusan Gunung Semeru yang sudah kering dan pendakian dilanjutkan menuju Arcopodo yang merupakan rute terakhir sebelum mencapai puncak Mahameru.

Untuk menuju Puncak Mahameru, terlebih dahulu harus melalui jalanan gersang dan berpasir yang berkemiringan mencapai 70 derajat. Oleh karena itu diperlukan kehati-hatian. Setelah sekitar tiga jam pendakian. Anda akan sampai di Puncak Mahameru atau kawah Jonggring Seloka.

Arcopodo merupakan daerah yang berada di lereng Gunung Semeru dan pendaki gunung dapat mendirikan tenda sebelum melanjutkan menuju puncak dilakukan pada dini hari dari Arcopodo agar dapat sampai di puncak pada pagi hari dan melihat indahnya matahari terbit di Puncak Mahameru (Sus/S-4)

Popular Posts

counter