Danau Toba



Jika ke Sumatera Utara, Indonesia, tidaklah lengkap jika tidak berkunjung ke salah satu tujuan paling populer disana, yaitu Danau Toba. Yang menjadikannya lebih terkenal selain keindahan alamnya adalah cerita legenda tentang terjadinya Danau ini. 

Disamping itu Pulau Samosir adalah pusat budaya suku Batak asli dari Sumatera Utara. Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Yang membuatnya lebih istimewa adalah terdapatnya sebuah pulau yang ada di tengah danau, Pulau Samosir namanya.
Luas Danau Toba adalah 1.130 km², dengan kedalaman 505m, terdapat 7 kabupaten yang mendiami danau toba ini, yaitu : 

1.       Kabupaten Simalungun;
2.       Kabupaten Tobasa (Toba Samosir)
3.       Kabupaten Tapanuli Utara
4.       Kabupaten Humbang Hasundutan
5.       Kabupaten Dairi
6.       Kabupaten Karo
7.       Kabupaten Samosir



Cara Menuju Danau Toba 

1. Naik Taksi Nice Trans

Cara pertama Taksi Nice Trans dari Bandara Internasional Kualanamu. Taksi ini adalah taksi yang bisa berbagi penumpang, jadi tarif bisa ditekan, sekitar Rp 80.000 – Rp. 100.000,-/ orang untuk perjalanan 4-5 jam. Pool bus sangat mudah ditemui Bandara Kualanamu, berada di sebelah kiri Lantai 1 Area Penjemputan Kedatangan Bandara, atau tanya petugas aja kalau masih bingung.


2. Naik Bus Damri  dan Bus Sejahtera

Dari Bandara Kualanamu naik Bus Damri tujuan Terminal Amplas, Medan, turun di Simpang Kayu Besar, lalu naik Bus Sejahtera tujuan Parapat. Lama perjalanan dengan menggunakan bus ini sekitar 5 jam.

3. Naik Pesawat Menuju Bandara Silangit

Dari Bandara Kualanamu, pesan tiket penerbangan ke Bandara Silangit yang berada di Siborong-borong, Tapanuli Utara ini dengan lama perjalanan sekitar 50 menit. Setelah tiba di Bandara Silangit, untuk mencapai ke Danau Toba kamu masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 3 jam lagi dengan menggunakan taksi.

Popular Posts

counter