Wisata Sehat di Sekitar Jakarta





Mungkin sudah sejak berminggu-minggu yang lalu Anda mencari-cari tempat mengisi liburan bagi anak-anak. Selain ke luar kota, sebenarnya di sekitar Jakarta masih ada tempat-tempat yang cukup asyik untuk mengisi waktu libur tanpa harus melulu ke mal. Ayo kita susuri....

Mencari alternatif tempat mengisi liburan bagi anak-anakdi sekitar Jakarta yang sehat dan mendidik mungkin memang tidak rnudah. Namun, bukan berarti tak ada sama sekali.

Kesadaran warga kota untuk tidak melulu mengajak anak-anak ke mal sebenarnya sudah terus tumbuh. Kesadaran ini lalu bersambut dengan munculnya sejumlah tempat alternatif tmtuk wahana bermain anak-anak. Salah satunya adalah Telaga Arwana Cibubur.

“Lagi fieldtrip di sini, seru flying fox-nya,” kata Altha (8), Kamis (4/6) di Taman Rekreasi dan Edukasi Telaga Arwana Cibubur (TAC).

Keringat membasahi seragaim pramuka yang dikenakan Aitha, siswa kelas IIB SD Islam Harapan Bunda, Pondok Pinang Jakarta Selatan. Merasa kegerahan,Altha melepas sepatunya dan kembali berlari bersama teman-temannya berlomba mencapai wahana lain di taman rekreasi yang terletak di Jalan Jambore 005/06 Harjarmukti Pondok Rangon, Cibubur, Bogor.

Kalau Aitha begitu terobsesi dengan flying fox, Almi (8) memekik seru ketika berbasah-basah di empang. Dengan jaring di tangan, Airni berteriak-teriak tampak geram dan senang berlarian di dalam kolam bertabrakan dengan sesama temannya yang berlomba menangkap ikan.

Sukses membuat seluruh tubuh basah kuyup dan satu ikan dijaring, 50 siswa dari SD Islam Harapan Bunda berebut meminta para pemandu di TAC membungkus ikan mereka.

Cukup pakai plastik saja, tetapi jangan lupa diberi air yang cukup dan ikat kuat agar tidak tumpah atau terlepas ikannya. Almi pun menenteng si ikan dengan senyum mengembang di wajahnya.

Favorit Anak Sekolah

TAC memang terbilang pendatang anyar di dunia tempat wisata untuk anak dan keluarga. Baru pada Januari 2009 TAC resmi dibuka. Namun setiap hari selalu saja ada rombongan siswa, rombongan karyawan perusahaan , maupun keluarga-keluarga yang beraktivitas sambil berlibur di sini.

Rombongan Altha dan Almi hanya satu dari ratusan rombongan siswa dari banyak sekolah di Jakarta, terutama Jakarta Timur dan Jakrata Selatan, yang memilih TAC untuk mendukung program pendidikan edutainment. Mereka dikenalkan bagaimana bekerja sama dalam outbound mini, mengenal tanaman padi yang selama ini hanya diketahui sebagai nasi terhidang di meja makan. Tertawa, berkeringat, dan tentu saja melewatkan waktu bersama. Pengetahuan didapat, pikiran anak-anak pun cerah.

Menuju TAC dari arah Jakarta mudah saja. Keluar Jalan Tol Cibubur, arahkan kendaraan Anda hingga mencapai SPBU Petronas. Belok kiri tepat di tengah-tengah antara SPBU dan Perumahan Mahogany. TAC terletak di sisi sebelah kiri jalan.

Lahan parkir yang luas menyambut pengunjung saat memasuki kompleks TAC seluas

84 hektar. Setiap satu mobil wajib membayar Rp 5.000. Wahana-wahana terpapar di depan mata, tinggal pilh saja mau flying fox, menangkap ikan di kolam, outbound mini, pemancingan, saung sawah, berperahu, menuntun kerbau membajak sawah, memacu ATV, atau menikmati hidangan di Gubug Makan Mang Engking.

“Tiket setiap wahana bisa dibeli Iangsung di tempat. Harga tiket Rp 10.000-Rp 25.000. Kalau rombongan, lebih pas kalau memilih paket program khusus untuk siswa TK hingga SMA. Orang-orang dewasa yang mau outing juga kami sediakan programnya,” kata Widodo, Wakil Manajer Operasional TAC.

Wahana dan fasilitas outbound di TAC dikembangkan oleh Hamardian yang bertindak sebagai manajer operasional. Hamardian atau akrab dipanggil Aca ini sudah berpengalaman dalam bidang outbound.

Ia memiliki dan mengelola Arena Outbound Ragunan, Kampoeng Outbound kota Wisata Cibubur, dan Arena Outbound Wulandira Serang.

Bagi penggemar arwana, TAC menyuguhkan peternakan Arwana Super Red. Dengan tiket Rp 50.000 per orang, pengunjung dipersilakan melihat langsung penangkanan arwana jenis red dragon yang banyak diekspor ke luar negeri.

Nah, tertarik? Tempat-tempat seperti TAC ini setidaknya mengingatkan orang urban untuk sekali-kali turun tanah dan berkeringat....


Sumber : Kompas 06/06/2009
Foto : Kompas
(NELl TRIANA)

Popular Posts

counter