Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS)



Cermati Peta Sebelum Melaju

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) bisa menjadi salah satu tujuan berlibur singkat bagi warga Jakarta yang tak sempat berlibur jauh-jauh.

Kawasan ini tentu menawarkan jenis wisata alam yang tampaknya masih belum tersosialisasi luas. Segi positifnya, kawasan tersebut menjadi relatif lebih terjaga ketimbang Puncak Namun, sisi negatifnya, infrastruktur menuju lokasi masih kurang memadai. Jalan sempit dan petunjuk jalan amat minim.

Di kawasan wisata Gunung Salak Endah, tersedia sejumlah vila, termasuk The Michael Resort, yang berada di Desa Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Sebelum pergi, sebaiknya Anda menjenguk dahulu situsnya di www.themichaelresorts.com. Altematif akses berikut peta bisa dilihat di situs tersebut. Jarak tempuh sekitar 125 km dari Jakarta bisa ditempuh sekitar 3 jam dari jalan tol lingkar luar. Salah satu alternatif yang relatif bebas macet adalah dari Ciapus, Bogor. Pengunjung yang hendak survei di resor tersebut sebaiknya menelepon lebih dahulu untuk membuat janji.


Tujuh puncak


Gunung Salak sendiri merupakan gunung berapi yang memiliki tujuh puncak Puncak Gunung Salak yang tertinggi berada di ketinggian 2.211 meter di atas pemukaan laut.


Gunung ini konon medannya relatif lebih sulit didaki ketimbang Gunung Gede dan Gunung Pangrango sehingga tidak terlalu populer untuk pendakian.

Berdasarkan surat keputusan Menteri Kehutanan tahun 2003, TNGHS meliputi kawasan seluas 113,357 hektar dan terletak di Provinsi Jawa Barat dan Banten, yaitu Kabupaten Sukabumi Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Lebak

Lokasi wisata alam yang bisa dikunjungi di TNGHS di antaranya adalah Kawah Ratu, sejumlah air terjun, situs Candi Cibedug dan sumber air panas. Selain itu kini juga sudah tersedia areal perkemahan yang cukup memadai.

Untuk menuju Kawah Ratu atau air terjun yang lokasinya cukup sulit, petugas dan resor dapat menemani sekaligus menjadi penunjuk arah.



Sumber : Harian Kompas

Popular Posts

counter